Friday, February 19, 2016

Pengobatan Herbal Diabetes dengan tanaman Meniran dan Miana / Iler

Meniran atau dikenal dengan nama ilmiah phylanthus urinaria L, tanaman ini bercabang, tumbuh tegak dengan tinggi bisa mencapai 1/2 meter. Pohon meniran batangnya berwarna hijau muda atau hijau kemerahan,bercabang dengan daun berbentuk lonjong bundar. Letak daun berpasangan pada sebuah tangkai daun sepanjang 1-2 jengkal. Bunganya berwarna kemerah- merahan keluar pada setiak ketiak daun. Buahnya bulat kecil- kecilmenggelantung sepanjang tangkai.

Bahan Ramuan tanaman ini untuk pengobatan penyakit diabetes adalah sebagai berikut :
1. Akar, batang dan daun meniran 1 genggam, air 3 gelas

Cara Pengolahan Bahan :
Satu Pohon meniran yang terdiri atas sebagian akar, batang, daun serta bunga dan buah direbus dalam air -/+ 3 gelas. Biarkan airnya mendidih hingga tinggal setengahnya kemudian disaring

Aturan Penggunaan Ramuan :
Air hasil saringan diminum setiap hari sebanyak 1 gelas

Miania atau disebut juga dengan nama Iler. Sebenarnya miana ini termasuk herbal tegak dan merayap dengan batang basah berbentuk segiempat. Tinggi pohon mencapai 50 cm.Daunnya berbentuk hati dengan ujung runcing. Tepi daun dipenuhi dengan jorong- jorong atau lekuk lekuk tipis yang bersambungan. Warna daun beraneka ragam. Satu daun bisa memiliki 2-4 warna. Warna tepinya kuning. Bagian tengahnya ada yang coklat, hijau atau merah. Karena warna- warni daunnya ini maka tanaman iler ini banyak ditanam sebagai tanaman hias. Yang banyak digunakan sebagai obat adalah tanaman miana cemeng alias miana hitam. Warna daunnya 1 macam yakni coklat tua keungu-unguan. Bunganya muncul pada pucuk tangkai batang berbentuk untaian bunga  bersusun.

Adapun pemanfaatan tanaman ini sebagai obat Diabetes adalah sebagai berikut :

Bahan :
Miana Cemeng 1 pohon lengkap
Adas Pulowaras 1/2 sendok teh
Air 3 Gelas

Cara Pengolahan Bahan :
Akar, batang daun dan bunga miana cemeng 1 pohon dalam perbandingan sama sebanyak 1 genggam beserta adas pulowaras atau adas pulasari direbus dalam air. Biarkan airnya mendidih hingga tinggal setengahnya. Setelah dingin ramuan disaring.

Aturan Pemakaian :
Air Saringannya diminum dua kali sehari sebanyak 1/2 gelas sekali minum

Semoga Bermanfaat Untuk Kesembuhan Penyakit Anda...

No comments:

Post a Comment